Contoh dan Cara Membuat Katalog Produk untuk Ekspor

Posting Komentar

Seberapa penting membuat katalog produk untuk memulai ekspor?

Salah satu amunisi penting untuk mencari buyer melalui internet adalah katalog produk. Dokumen ini digunakan untuk buyer untuk memahami produk-produk dan visi dari perusahaan kita. Jangan bayangkan hanya perusahaan besar yang bisa membuat seperti ini, pelaku usaha kecil dan menengah bahkan trader pun bisa membuat katalog yang terlihat professional dan informatif. Perlu diingat bisnis ekspor tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar saja, pelaku usaha kecil menengah atau trader pun bisa melakukannya asal memenuhi syarat sebagai eksportir. Baca selengkapnya di artikel Siapa saja yang bisa jadi eksportir?

Company profile atau katalog produk adalah salah satu peralatan dalam korespondensi dengan calon pembeli agar menampilkan kesan profesional untuk berbisnis dengan kita.


Source : https://store.sirclo.com/

Jika kamu memiliki budget berlebih buatlah website dengan domain yang professional bukan yang gratisan. Kamu bisa manfaatkan domain dari blogger yang harga domainnya sekitar Rp 165.000 an per tahun. Untuk contoh websiteperusahaan nanti kita bahas di artikel Ini Dia 5 Contoh Website Perusahaan untuk Keperluan Bisnis Ekspor

Poin-poin yang ada dalam katalog produk

Poin-poin sederhana dan penting yang perlu ada dalam katalog produk/company profile adalah sebagai berikut:

  • HOME : halaman muka, tampilkan nama perusahaan kamu, tagline perusahaan bila perlu. Jika ada website bisa di cantumkan
  • ABOUT : tentang perusahaan kamu) 
  • VISION & MISSION : jika kamu bingung, poin ini dapat di skip saja
  • PRODUCTS : pada poin ini kamu perlu mempersiapkan lebih dalam karena poin ini adalah informasi yang dibutuhkan oleh buyer sebelum melanjutkan komunikasi dengan kamu.
    Pada poin ini setidaknya memuat : nama produk (jika perlu HS Code cantumkan), foto produk, deskripsi produk, spesifikasi produk (*termasuk jika ada umur simpan), MOQ (minimum order quantity), packaging seperti apa, harga produk per satuan (*jika perlu, atau bisa di tulis Call), Sertifikasi yang dimiliki (*jika perlu dan ada)
  • ACTIVITIES : jika kamu ada beberapa dokumentasi aktifitas produksi, pengiriman bisa di cantumkan. Jika tidak ada tidak perlu.
  • KONTAK: gunakan tools komunikasi yang professional seperti email dan yang fast respons seperti Whatsapp
Jangan lupa, katalog produk ditulis dalam bahasa inggris ya. Jika kesulitan jangan khawatir kamu bisa buat dalam bahasa Indonesia lalu gunakan google translate untuk menerjemahkan. Selanjutnya gunakan aplikasi grammarly untuk memperbaiki grammar dan mengoreksi kalimat yan telah diterjemahkan agar terlihat professional. Aplikasi ini sangat saya rekomendasikan karena kita juga bisa mensetting pengoreksian kalimat untuk tujuan apa. Misal tujuannya bisnis, akademik atau sekedar mengobrol.

Jika kamu bingung membuat katalog produk, saya coba bagikan contoh company profile sederhana yang bisa kamu ikuti dan download (link ada dipaling bawah ya). 

 
Link download : https://bit.ly/3GmZs2u

Nah itu Itu dia Contoh dan Cara Membuat Katalog Produk untuk Ekspor. Jika kamu ada pertanyaan silahkan hubungi author atau bisa komen di artikel ini ya. Jangan lupa follow akun instagram @belajarekspor untuk memperoleh update informasi seputar webinar, event bisnis dan ekspor secara gratis.

Semoga membantu !
Shofi
Data | Business Intelligence | Export Marketing Enthusiast. Kontak -> kudefajri@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar